3 Hikmah dan Keutamaan Qurban Idul Adha 2018 Beserta Kisah Nabi Ibrahim Yang Bikin Terharu

Menurut Kalender 2018 dalam hitungan masehi,Hari Raya Idul Adha 2018 akan jatuh pada hari Rabu tanggal 22 Agustus 2018.

Hari Raya idul adha atau hari raya qurban merupakan hari besar yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh umat islam di seluruh dunia.

Perayaan hari raya idul adha merupakan sebuah moment penting untuk mengingat ketaatan dan perjuangan besar  Nabi Ismail Alaihi Salam kepada Ayahnya Nabi Ibrahim Alaihi Salam dan ibunya Siti Hajar.

Dalam kisah tersebut dinyatakan bahwa nabi Ismail Alaihi salam harus rela mengorbankan nyawanya untuk disembelih oleh ayahnya Nabi Ibrahim Alaihi Salam sebagai bukti ketaatannya Kepada Allah SWT.

Melalui mimpinya, Allah SWT. meminta Nabi Ibrahim untuk segera menunaikan nadzarnya yakni mengorbankan anaknya Nabi Ismail Alaihi Salam.

Atas dasar ketaatan kepada Sang pencipta alam semesta, nabi Ibrahim pun langsung melaksanakan perintah Allah SWT, padahal kala itu putranya Ismail baru saja berumur 7 Tahun.

Sungguh tidak terbayangkan betapa sedih dan harunya hati Nabi Ibrahim kala itu, pasalnya Ismail adalah putra pertama dan paling disayang oleh baginda.

Tapi atas dasar cinta dan keshalehan yang dimilikinya, Ibrahim pun rela mengorbankan putra tercitanya itu meski kesedihan larut dalam perbuatan.

Ibrahim percaya, bahwa semua yang dilakukannya adalah sebuah pahala dan bukti ke rasulannya kepada Allah SWT.

Akan tetapi, Allah SWT memiliki cinta dan kasih sayang yang amat besar kepada Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

Dengan kebesaran dan Maha Kuasanya Allah SWT, akhirnya pengorbanan terhadapat Nabi Ismail diganti dengan seekor domba.

Dari kisah inilah hingga saat ini umat islam melakukan Qurban pada tiap hari idul adha dengan berbagai binatang ternak seperti Domba,Sapi maupun Unta.

Alangkah nikmatnya jika di hari raya Idul adha 2018 tahun ini kita diberikan kesempatan untuk melakukan Qurban.

Baca : niat shalat idul adha

Berikut adalah Hikmah Qurban Hari Raya Idul Adha yang saya rangkum dari berbagai situs :


  • Diberikan Pahala Sebanyak 70 Kali Lipat



dalam sebuah riwayat Imam Abul Qasim Al Ashbahani, dari Sahabat Ali bin Abi Thalib R.A, bahwa Rasulullah SAW bersabda kepada Fatimah R.Ha:
“Wahai Fatimah, bangkitlah dan saksikan penyembelihan binatang kurbanmu, Sesungguhnya bagimu pada awal tetesan darah binatang itu sebagai pengampunan untuk setiap dosa, ketahuilah kelak dia akan didatangkan (di hari akhirat) dengan daging dan darahnya dan diletakkan di atas timbangan kebaikanmu 70 kali lipat “.
  • Dijauhkan dari Api Neraka

Sungguh luar biasa pahala bagi orang yang melakukan Qurban di hari idul adha, dia akan dijauhkan dari api neraka, sebagai mana yang dinyatakan dalam hadist berikut :
“Barang siapa berkurban dengan lapang dada (senang hati) dan ikhlas hanya mengharap pahala dari Allah, maka dia akan diHijab dari neraka “ ( H.R At Thabrani )
  • Menjadi Kendaraan di Akhirat 

Berbahagialah orang yang melakukan Qurban di hari raya Idul Adha, karena di akhirat kelak, dia akan menaiki kendaraan surga yang diberikan Allah kepadanya saat semua orang mengalami kesulitan dalam menyebrangi jembatan Shiratal Mustaqim.

hikmah-qurban-idul-adha-2018-dan-kisah-nabi-ibrahim
orang sedang berqurban

Dalam sebuah hadits diriwayatkan oleh Ibnu Rif’ah R.A, bahwa Nabi SAW bersabda:
“ Perbesarlah kurban – kurban kalian, karena qurban itu ( nantinya ) akan menjadi kendaraan-kendaraan dalam melewati jembatan As Shirat ( jembatan di atas neraka jahanam yang menghubungkan pintu surga ) menuju surga.”

Semoga Hikmah Qurban Idul Adha 2018 dan Kisah Nabi Ibrahim tadi mampu menggugah kita untuk senantiasa taat dan patuh akan perintah Allah SWT. dan menjauhkan kita dari sifat Bakhil yang hanya akan membuat kita terperosok dalam panasnya api neraka.
Sesunnguhnya tidak ada kenikmatan  yang luar biasa di dunia ini melinkan saat kita mampu melawan segala hawa nafsu buruk dan menggatinya dengan ketaatan kepada Allah SWT.
Semoga saja Idul Adha 2018 tahun ini benar -benar menjadi momentum indah untuk kita semua dalam melaksanakan hari raya Qurban.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »