4 Keutamaan Bulan Ramadhan Yang Sangat Dahsyat

Keutamaan Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang kesembilan pada penanggalan tahun Hijriyah. Ramadhan merupakan salah satu bulan yang amat dirindukan oleh semua umat muslim di dunia tidak terkecuali di Indonesia, kenapa demikian? karena pada bulan ramadhan terdapat beberapa keutamaan yang sangat berharga dan sayang jika dilewatkan begitu saja.

 

Berikut adalah 4 keutamaan bulan Ramadhan yang sangat Dahsyat  yang selalu dirindukan dan diburu oleh umat islam di seluruh dunia.

1. Bulan diturunkannya Kitab Suci Al-quran

4-keutamaan-bulan-ramadhan-yang-sangat-dahsyatKeutamaan Bulan Ramadhan yang pertama yaitu merupakan bulan yang dipenuhi kemuliaan, mengapa demikian? karena pada bulan Ramadhan lah kitab Suci Umat Islam yakni Al-Qur'anul Karim diturunkan ke dunia melalui malaikat Jibril kepada nabi Muhammad SAW secara mutawattir (bertahap). Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT pada surat Al-Baqarah ayat 185 yang artinya sebagai berikut :


“Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).”

Ayat di atas menunjukan bahwa terdapat suatu malam pada bulan Ramadhan dimana Al-Qur'an diturunkan ke muka bumi melalui manusia pilihan Yakni Baginda Rasulullah SAW. Makanya tidak heran jika bulan Ramadhan menyandang predikat bulan yang sangat dimuliakan ketimbang bulan-bulan lainnya dalam hitungan Hijriyah. Meski demikian bukan berarti bulan-bulan lainnya tidak memiliki kelebihan, karena setiap bulan terdapat keutamaannya masing-masing.

2. Semua Amal Kebaikan Akan dilipat Gandakan

Selain bulan yang penuh dengan kemuliaan, salah satu keutamaan bulan ramadhan lainnya yakni merupakan salah satu bulan yang penuh dengan keberkahan, dimana setiap amal ibadah seseorang hamba pada bulan tersebut akan mendapat pahala yang berlipat ganda hingga tujuh puluh kali lipat bahkan ratusan kali lipat

Pada bulan ini semua umat Islam yang menjalankan ibadah puasa akan selalu berbondong-bondong mengisi kegiatan rohaninya dengan penuh kesungguhan, karena di bulan ramadhan lah semua amal ibadah kita akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan tentu saja hal ini tidak bisa didapatkan pada bulan-bulan yang lainnya.

Amalan-amalan mulia yang kerap dilakukan oleh kaum muslimin untuk meraih pahala yang dahsyat di bulan Ramdhan adalah sebagai berikut :

  • Melakukan Tadarus (khatamul Qur'an)
  • Shalat Tarawih Berjama'ah
  • Menyantuni dan berbagi dengan Anak- anak yatim dan orang - orang yang tidak mampu
  • Menambah Jumlah Shadaqoh 
  • Menyegerakan berbuka Puasa
  • Mengakhirkan waktu sahur

3. Bulan Yang Penuh dengan Ampunan

Selain penuh keberkahan dan pahala yang berlipat ganda, bulan Ramadhan juga merupakan bulan yang penuh dengan Maghfirah (Ampunan). Sehingga siapa saja yang menjalankan ibadah puasanya dengan sungguh-sungguh,dan karena hanya mengharap ridha Allah, maka kita senantiasa akan mendapatkan ampunan dari sisi Allah atas dosa-dosanya yang telah lampau.

Hal ini sesuai dengan hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan olah Imam Bukhari
“Barangsiapa yang berpuasa Ramadan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu.” (HR. Bukhari).

4. Terdapat Malam Lailatul Qadar

Apa Itu Malam Lailatul Qadar?
“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr 1-3).

Lailatul Qadar adalah salah satu malam yang sangat istimewa yang hanya terdapat pada bulan ramadhan. Pada malam tersebut semua urusan akan dimudahkan, semua dosa akan diampuni dan semua amal kebaikan akan diangkat  ke sisi Allah dan akan diberikan pahala yang sangat dahsyat.

Malam Lailatul Qadar biasanya akan terdapat pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan 
Seorang mukmin akan sangat beruntung jika mendapati malam lailatul qadar tersebut. Banyak para ulama yang sependapat bahwa malam lailatul qadar merupakan malam yang lebih baik dari pada seribu bulan, artinya adalah bahwa semua amal ibadah yang dilakukan pada malam tersebut akan diberikan pahala seperti pahalanya orang yang mengerjakan amal shaleh selama seribu bulan. Masya Allah,,, Semoga Allah memberikan kita kesempatan untuk bisa berjumpa dengan malam tersebut.

Demikian ulasan seputar 4 Keutamaan Bulan Ramadhan yang saya rangkum dan bisa saya share  untuk anda semua. semoga bermanfaat dan mohon maaf jika terdapat kekeliruan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »