Bisnis kuliner ataupun
rumah makan, merupakan salah satu bisnis kuliner yang sangat banyak diminati oleh
setiap orang, bukan hanya oleh kaum wanita akan tetapi oleh kaum pria
sekalipun, hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya para juru masaka alias
koki yang justru saat ini didominasi oleh
kaum pria.
Usaha kuliner memang tidak bisa dianggap remeh karena ternyata usaha ini merupakan bisnis yang menjanjikan dalam meraup pundi-pundi rupiah.
Usaha kuliner memang tidak bisa dianggap remeh karena ternyata usaha ini merupakan bisnis yang menjanjikan dalam meraup pundi-pundi rupiah.
kuliner |
Karena itu, tidak heran
dan tidak sedikit orang yang terjun di bisnis yang satu ini, padahal jika kita
teliti secara seksama, bisnis di bidang seperti ini juga memiliki sebuah resiko
yang tidak kecil.
Dalam membangun sebuah bisnis usaha kuliner bukan Cuma modal besar saja yang jadi penopangnya namun juga dibutuhkan sebuah keberanian dan terobosan atau inovasi yang berkelanjutan sebagaimana bisnis yang lain pada umumnya.
Dalam membangun sebuah bisnis usaha kuliner bukan Cuma modal besar saja yang jadi penopangnya namun juga dibutuhkan sebuah keberanian dan terobosan atau inovasi yang berkelanjutan sebagaimana bisnis yang lain pada umumnya.
Kerja keras dan
terobosan seperti desain bangunan dan ruangan serta menu makanan yang akan
disajikan tentu saja menjadi titik perhatian selanjutnya agar usaha bisnis kuliner ini
benar-benar menjadi ladang bisnis yang berkelanjutan dan berbuah kesuksesan.
Dengan persaingan yang
cukup tinggi di pasaran, tidak sedikit para pelaku bisnis kuliner mengalami
masa sulit bahkan sampai gulung tikar alis bangkrut total. hal ini tentu tidak
akan terjadi jika para pelaku bisnis kuliner memiliki kemampuan dalam berinovasi
guna menghadapi persaingan yang kadangkala tidak selalu sehat dan baik tersebut.
Bagi anda yang saat ini
memiliki keinginan untuk mulai terjun ke bisnis yang satu ini,ada baiknya anda
perhatikan point-point dibawah ini supaya usaha kuliner anda tidak putus di
tengah jalan dan siapa tahu bisa menjadi referensi baik.
berikut adalah beberapa
hal yang sering membuat para pelaku bisnis kuliner mengalami kegagalan dan
kebangkrutan
1. TIDAK FOKUS DAN
TERLALU BERNAFSU
Siapapun pasti ingin memiliki sebuah usaha yang maju dan besar, memiliki satu usaha terkadang membuat semua pelaku bisnis tidak merasa puas,tak ayal lagi, merasa usahanya sedang mengalami kemajuan yang pesat,pikiran untuk membuat cabang usahapun menjadi focus berikutnya,tidak salah memang,tapi jika focus itu tidak lagi terkendali maka pasti akan memiliki cerita lain.
Tidak bisa dipungkiri bahwa keberhasilan dalam menjalankan suatu bisnis terkadang membuat para pelaku bisnis itu sendiri terlena dalam gempita kesuksesan. akhirnya merekapun mencoba untuk membuka jenis bisnis lainya sehingga bisnis awal yang telah memberi mereka keuntungan besar jadi terbengkalai dan tidak termanage dengan baik.Jika sudah demikian, maka usaha cabangpun akan hancur berantakan.
2. TERLALU KONSUMTIF /
BOROS
Para pelaku bisnis kuliner yang sukses kerap kali beranggapan bahwa "kesuksesan adalah upah dari perjuangan usaha". akhirnya mereka tidak jarang meluangkan waktu senggang mereka hanya dengan menghamburkan ratusan sampai jutaan rupiah di tempat hiburan, mall hanya untuk sekedar membeli barang - barang mewah lainnya yang terkadang samasekali tidak memberi efek manfaat jangka panjang.
Tentu hal ini adalah sikap pemborosan yang tidak terlalu penting, karena sikap boros atau konsumtif yang tidak terkontrol akan meyebabkan management keuangan usaha kuliner mereka menjadi terintimidasi,berantakan dan tidak sedikit yang mengalami kebangkrutan.
3. BERHENTI
BERKARYA
Ketika pelaku bisnis kuliner merasa bahwa sebuah produk menu mereka dianggap sudah layak dan mampu diterima oleh masyarakat dengan baik, para pelaku bisnis kuliner kerap terlalu cepat merasa puas dan berbangga hati atas keberhasilan yang diraihnya.Bangga dan menikmati keberhasilan pada dasarnya sah-sah saja selama itu bisa membuat motifasi semakin tinggi tapi bagaimana jika sebaliknya, yang lebih fatalnya lagi mereka berhenti berinovasi dan membuat sesuatu yang baru dan berbeda dalam produk mereka alias berhenti berkarya.
Padahal demi sebuah
eksistensi bisnis kuliner dalam persaingan yang cukup ketat di pasaran, inovasi
ataupun ide baru dalam sebuah produk dan layanan adalah hal yang tidak boleh ditelantarkan
begitu saja.
4.TAKUT BERINVESTASI
Tidak bisa dipungkiri
bahwa dalam mengembangkan sebuah bisnis diperlukan sebuah kerjasama yang baik
dengan berbagai pihak.Salah satu cara dalam memperluas wilayah suatu bisnis
adalah dengan cara menanam modal atau investasi ke pihak luar.
Tapi rasa takut dan rasa
ketidak percayaan yang tinggi yang kerap dimiliki oleh para pelaku bisnis
terhadap para kliennya membuat mereka enggan dalam berinvestasi.
Demikianlah beberapa hal
yang harus dihindari oleh para pelaku bisnis khususnya di bidang kuliner
ataupun rumah makan dan sejenisnya.
Semua ulasan diatas
bukanlah mutlak melainkan hanya sebagi edukasi.Jika bermanfaat silahkan diambil
tapi jika sebaliknya maka atas nama pribadi saya mohon diberi komentar yang
membangun agar komunikasi dua arah dapat terjalin dengan baik dan harmonis.
Selamat menjalankan
bisnis anda dan jangan lupa untuk terus menciptakan hal berbeda agar bisnis
anda tetap melaju lancar.