Tips Cerdas Belanja Online Supaya Tidak Tertipu

Eksistensi toko online shop atau daring telah membuat orang semakin banyak mengincar barang yang diinginkan. Apalagi online shop langganan sedang gencar - gencarnya mengadakan pesta diskon hingga flash sale dengan harga yang super miring.

Image online shop: pixabay

Meski terlihat sangat simple atau praktis dan semakin mudah, belanja online juga memiliki kekurangan. Misalnya ketika kamu berbelanja pakaian ataupun barang lainnya, ada kalanya pakaian atau barang ttsebut tidak sesuai dengan yang kita harapkan, misalnya saja dari segi ukuran, warnanya tidak terlihat seperti di gambar atau pengirimannya yang lambat dan lain sebagainya. Kadang, pakaian baru yang sudah dibeli tampak kurang sesusai dengan yang diharapkan saat dicoba setelah pesanan sampai di rumah.

Berikut adalah tips yang bisa kamu praktekan saat atau sebelum belanja di online shop.

Pertama, pastikan ukuran barang atau pakaian mencakup ukuran, lingkar dada, pinggang, dan panjang baju. Dengan demikian kamu bisa tahu apakah baju yang kamu pesan sesuai dengan tubuh kamu atau tidak. Perlu kamu ketahui bahwa ukuran S, M, L, dan XL setiap brand bisa memiliki perbedaan. 

Selain itu, coba kamu perhatikan ulasan atau dari pembeli sebelumnya. Meskipun kamu merasa sudah terpikat dengan salah satu busana atau barang yang dituju di website e-commerce,perhatikan komentar-komentarnya. Apakah para pembeli sebelumnya itu mengeluhkan barang di toko online tersebut atau justru malah sebaliknya menunjukkan rasa kepuasan. Memperhatikan komentar dapat membatu kamu menilai tentang barang yang dijual oleh online shop tersebut.

Langkah selanjutnya adalah memilih bahan baju yang diinginkan. Jangan sekali- kali tergoda dengan gambar yang dicantumkan oleh  pemilik toko daring tersebut. Kamu bisa cari tahu, apakah bahannya sudah sesuai dengan apa yang diinginkan atau tidak. Lalu perhatikan persyaratan-persyaratannya. Jika barang tidak sesuai, apakah boleh dikembalikan atau menukar dengan barang yang lain, atau pengembalian uang jika barang tak tersedia. "Jangka waktu pengiriman hingga sampai ke tangan pembeli juga harus diperhatikan,"

Tips berikutnya yakni bersiap menerima kenyataan in, pembeli bisa langsung memesan di website toko online dimaksud. Jika tidak sempat, pembeli bisa memesan pakaian melalui jasa titip yang kini juga tengah ramai di kalangan jual-beli online.

Selain itu, kamu sebagai pembeli harus memperhatikan secara detail pakaian sebelum dibeli. 

Detail itu baik ukurannya, bahannya, detail lipatan baju juga kalau perlu tahu,Setelah yakin, pembeli bisa langsung memesan di website toko online dimaksud. Jika tidak sempat, pembeli bisa memesan pakaian melalui jasa titip yang kini juga tengah ramai di kalangan jual-beli online

Demikian artikel seputar tips berbelanja online yang saya kutip dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »