10 Curug Populer di Bogor Yang Pas Untuk Paket Wisata Bareng Keluarga

Melakukan aktivitas wisata bersama keluarga tercinta tentu akan sangat menyenangkan bila tempat yang akan dikunjungi sesuai dengan yang diharapkan.
Nah,, jika saat ini anda dan keluarga sedang ingin pergi wisata ke bogor, tidak ada salahnya untuk menyiapkan dahulu paket wisata keluarga yang murah dan sangat terjangkau.
Salah satu wisata alam yang berupa curug atau air terjun merupakan salah satu tempat wisata di bogor yang sangat direferensikan sebagai paket wisata yang sangat pas untuk mengisi liburan bareng keluarga.
10-wisata-curug-di-bogor
10 wisata curug populer di bogor
Dilansir dari situs traveloka.com, inilah  10 curug paling populer di bogor yang sangat cocok untuk mengisi liburan anda dan keluarga.
1. Curug Bengkok Leuwi Hejo
Curug Bengkok Leuwi Hejo adalah Sebuah objek wisata alam di Bogor yang berlokasi di Kecamatan Babakan Madang. Curug Bengkok Leuwi Hejo,beralamat di Kampung Wangun Cileungsi, Desa Karang Tengah. 
Untuk menuju ke lokasi ini, Anda dan keluarga bisa mengambil rute dengan melewati  Sentul City atau Citeureup menuju Babakan Madang.
Tak seperti curug yang lain, Curug Bengkok ini terbilang memiliki aliran ar terjun pendek atau mini. 
Di bawahnya, terdapat sebuah  kolam alami yang memiliki kedalaman  2,5 meter dengan air yang sangat jernih dan dingin. 
Saat musim penghujan tiba, akses untuk menuju lokasi ini menjadi agak licin dan rawan terjadi banjir bandang, sehingga Anda tidak dianjurkan untuk datang ke sana saat musim hujan.
Cukup  dengan membayar Rp5.000 saja, Anda dan keluarga sudah dapat menikmati segar dan dinginnya air terjun mini Leuwi Hejo. 
Walaupun anda  harus menempuh satu kilometer dengan berjalan kaki, pemandangan alam yang memukau dan udara yang masih sejuk akan senantiasa menemani langkah Anda sepanjang perjalanan menuju lokasi.
2. Curug Lembah Pelangi
Tak seperti kebanyakan curug yang berada di lokasi dataran tinggi di Bogor, Curug Lembah Pelangi berada di dataran rendah, sehingga udaranya cenderung agak panas dan lembab. Namun, anda akan disajikan sebuah panorama alam yang sangat indah karena panas cahaya yang memantul ini akan menimbulkan pelangi di lokasi air terjun, yang pada akhirnya menjadi nama dari curug ini.
Curug Lembah Pelangi  berada di Desa Cimanggu 1, Kampung Jatake, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor. 
Di sini, Anda tidak  cuma bisa menikmati indahnya pelangi dari bias cahaya matahari saja. Namun, Anda juga bisa menjajal reppeling, atau berjalan menyusuri tebing menggunakan tali. Jangan Takut , karena akan ada banyak sekali pemandu yang sudah sangat terlatih dan berpengalaman yang siap membantu Anda.
Untuk menuju ke curug lembah pelangi, Anda bisa menggunakan jasa angkutan umum dari Bubulak menuju Leuwiliang. Melewati jalur kampus IPB, turun di daerah Leuweung Kolot. Setelah melewati Gardu Seri, Anda bisa berjalan kaki sejauh 1 kilometer ke lokasi. Lokasi wisata lembah pelangi dibuka mulai dari pukul 08.00–18.00 WIB. Biaya masuk ke curug ini adalah Rp. 3.000 per orang.
3. Curug Cigamea
Curug Cigamea salah satu tempat wisata di bogor yang berada di Desa Gunung Sari, Pamijahan, di dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kabupaten Bogor. suara air dari Curug Cigamea memang terdengar hingga jauh hal ini sesuai dengan namanya yang berarti gemuruh, .Dari enam curug yang ada di sana, Curug Cigamea disebut sebagai curug yang paling memukau.
Untuk menuju ke lokasi Curug Cigamea, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum  hingga Bubulak. 
Dari Bubulak, Anda bisa melanjutkan angkutan umum menuju Cibatok dan melanjutkan perjalanan dengan menaiki jasa ojek. Setelah menempuh jarak sekitar kurang lebih 700 meter berjalan kaki, Anda sudah bisa melihat Curug Cigamea yang memukau ditemani oleh Curug Cimudal di sebelahnya.
Harga tiket untuk masuk ke tempat objek wisata di Bogor ini sangat murah, hanya dengan Rp7.500 saja. Sebelum anda masuk ke wisata Curug Cigamea, Anda akan masuk ke Kawasan Taman Nasional dan membayar biaya sebesar Rp5.000 per orang. Selain itu, Anda  bisa menikmati terapi ikan serta  memacu adrenalin dengan wahana flying fox.
4. Curug Bidadari Sentul Paradise Park
Objek Wisata alam lain di Bogor yaitu  Curug Bidadari, yang berlokasi di Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor. Jika anda berasal dari Jakarta, Anda bisa melalui jalan tol Jagorawi dan keluar di Sentul Selatan, kemudian mengambil lajur ke arah Telaga Cikeas. Anda akan melalui jalur yang menanjak dan berkelok.
Sekarang, Anda dan keluarga sudah bisa menikmati indahnya Curug Bidadari ini dari tempat Anda memarkir mobil, Sebelumnya, untuk bisa menikmati keindahan alam ini, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 2 kilometer dengan berjalan kaki dari Desa Cibimbim.
Di tengah perjalanan menuju tempat wisata di Bogor ini, Anda akan melihat sebuah batu yang memiliki ukuran sangat besar yang telah dibelah di bagian tengahnya. 
Nah, pada bagian tengah batu inilah yang telah menjadi akses utama untuk menuju Curug Bidadari. 
Anda dan keluarga bisa menikmati keindahan Curug Bidadari Sentul Paradise Park setinggi 75 meter ini dengan ditemani suasana khas pegunungan yang asri dan alami.
Curug Bidadari akan dibuka mulai jam 07.00 hingga 17.00 WIB setiap harinya. Harga tiket untuk bisa masuk ke wisata Curug Bidadari adalah sebesar Rp25.000 untuk hari biasa dan Rp40.000 untuk akhir pekan. 
Selain itu, anda juga bisa mencoba berbagai wahana lain yang tersedia di sini, seperti sepeda air, flying fox, dan terapi ikan. Lokasi di sekitar curug yang sangat dangkal akan membuat Anda dan keluarga bisa berenang dan menikmati segarnya air yang berada di bawahnya.
5. Curug Nangka
Curug yang berlokasi di kawasan Taman Nasional Halimun Salak ini menjadi tempat objek wisata di Bogor lainnya yang menawarkan udara sejuk pegunungan. Di sini, selain bisa menikmati derasnya dan dinginnya air terjun Curug Nangka, Anda juga bisa melihat keindahan dua curug lainnya, yaitu Curug Daun dan Curug Kawung yang lokasinya berdekatan dengan Curug Nangka.
Biaya yang harus anda keluarkan untuk menuju  lokasi ini adalah sebesar Rp15.000 per orang. Anda bisa menuju ke lokasi Curug Nangka dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika anda menggunakan kendaraan miliki pribadi, Anda harus menuju ke arah Ciapus dari Istana Bogor. Jika anda menggunakan jasa kendaraan umum, dari Bogor Trade Mall, Anda bisa menggunakan angkutan umur dengan nomor 03 trayek Ramayana–Ciapus.
6. Curug Ciburial
Terletak berdekatan dengan Curug Leuwi Hejo, Anda akan menemukan satu lagi curugyang indah dan memukau, Curug Ciburial. Anda cukup melakukan jalan kaki ke hulu untuk menuju Cibeureum, menyusuri sungai dan jalan setapak.
Suasana di sekitar Curug Ciburial masih alami. Udaranya masih segar, airnya pun jernih dan dingin. Harga tiket yang harus anda bayar untuk bisa masuk ke tempat wisata Curug Ciburial adalah sebesar Rp10.000 per orang. Karena baru dibuka menjadi tempat wisata di Bogor, Curug Ciburial masih tergolong sepi pengunjung.
7. Curug Cilember
Wana wisata Curug Cilember terletak di Jl. Raya Puncak KM. 15, Megamendung, Cisarua, Bogor. Nama curug Cilember sebenarnya diambil dari nama sebuah desa di mana curug ini berada. Curug cilember ini memiliki 7 tingkatan dan setiap tingkatan memiliki kesulitan tersendiri dalam mencapainya. Semakin kecil angkanya, maka akan semakin sulit aksesnya. Hal inilah yang menjadikan Curug Cilember sangat unik.
Akses menuju curug terbilang mudah. Jika anda berasal dari Jakarta, ambil jalur ke Puncak melalui Tol Ciawi. Sampai di Cisarua, ambil arah ke Taman Matahari. Lokasi curug searah dengan Taman Matahari. Harga tiket yang harus anda bayar untuk bisa masuk ke curug adalah Rp.6.000/ orang.
8. Curug Hordeng
Curug Hordeng berlokasi di Jl. Gunungwangun, Cibadak, Sukamakmur, Bogor. Untuk menuju ke tempat wisata ini anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun jasa angkutan umum dengan mengambil rute ke Jonggol menuju Babakan Madang, hingga sampai ke Leuwi Hejo. Anda harus selalu berhati-hati karena jalanan dari Leuwi Hejo cenderung agak rusak.
Harga tiket untuk masuk ke Curug Hordeng ini adalah sebesar Rp15.000. Dengan harga ini, Anda tidak cuma bisa menikmati wisata Curug Hordeng, melainkan dua curug lainnya yang dekat dengan Curug Hordeng, yaitu Curug Kembar dan Curug Ciburial. Tempat objek wisata di Bogor ini akan buka mulai pukul 09.00–17.00 WIB setiap harinya.
9. Curug Cipamingkis
Masih berada di satu kawasan dengan Gunung Batu Jonggol, terdapat Curug Cipamingkis, tepatnya di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupater Bogor. Curug cipamingkis merupakan pertemuan dari dua sungai, yaitu Sungai Cipamingkis dan Cisarua. Dengan dikelilingi hutan pinus, Curug Cipamingkis menawarkan panorama  alam yang sangat indah dan ekostis.
Jika anda dari Jakarta, Anda bisa keluar melalui Pintu Tol Cibubur untuk menuju curug ini. Kemudian, ambil arah yang menuju Gunung Putri menuju Jonggol, Sukamakmur, dan Desa Wargajaya. Tiket masuk lokasi ini sebesar Rp9.000 per orang. Selain air terjun, di lokasi ini Anda juga bisa melakukan aktivitas berkemah, jogging, dan beristirahat di saung yang telah disediakan. Lokasi ini beroperasi mulai pukul 08.00–17.00 WIB.
10. Curug Country
Curug Country adalah tempat wisata alam di bogor berada di Desa Tanjung Rasa, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Bogor. Dari arah Jakarta, keluar Tol Cibubur, kemudian pilih rute menuju Taman Buah Mekarsari. 
Kemudian, ambil rute ke Jonggol menuju Cariu. Kadang-kadang, Anda tidak akan dipungut biaya masuk, namun untuk berjaga- jaga, siapkan saja uang sebesar Rp.10.000.
Keindahan yang terdapat pada curug country ini terdapat ada pada aliran airnya yang jatuh melalui undakan-undakan batu, bukan seperti air terjun kebanyakan.
Airnya jernih dan segar. Suasana di sekitar curug pun masih asri dengan banyaknya pepohonan. Karena lokasinya yang masih tampak belum terlalu bagus, Anda sebaiknya sudah meninggalkan lokasi tak lebih dari pukul 17.00 WIB.
Oke, demikian ulasan seputar 10 Curug Populer di Bogor Yang Pas Untuk Paket Wisata Bareng Keluarga sebagaimana yang saya kutip dari situs resmi traveloka.com.
Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi sebagai paket wisata keluarga saat anda ingin mengunjungi kota bogor sebagai destinasi liburan murah bersama keluarga tercinta.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »