Wednesday, August 29, 2018

2 Cafe di Jakarta ini Ternyata dulunya Adalah Bangunan Tua


Buat kamu yang suka nongkrong sama teman di sebuah Cafe, nah,, 2 Cafe  berikut ini bisa jadi destinasi yang cocok buat kamu apalagi saat ini kamu tinggal di daerah jakarta, tentu saja bangunan tua di sekitar jakarta yang saat ini telah berubah menjadi Cafe sangat pas sekali buat kamu yang suka kongkow bareng teman.

1. Kafe Semasa di Kota Tua

Cafe ini memang memiliki nama yang sangat unik banget guys, bagaimana tidak, nama Cafe ini adalah SEMASA DI KOTA TUA.

Kafe yang terletak di bangunan OLVEH lantai 3 ini merupakan sebuah tempat nongkrong anak muda zaman now, selain tempatnya yang asik, tempat ini juga menawarkan wisata kota tua. Jadi selain kamu bisa nikmatin segelas teh maupun secangkir kopi panas kamu juga bisa dapetin view yang sangat menarik dari bangunan kafe ini.

Cafe ini terletak di bangunan tua Jakarta yang bernama OLVEH. 


Menurut catatan sejarah, bangunan tua Olveh sudah berdiri sejak tahun 1921 yang kemudian direvitilasi kembali pada tahun 2016.

bangunan-tua-jakarta-yang-jadi-kafe
bangunan tua jakarta, cafe batavia
OLVEH merupakan kependekan dari Onderlinge Verzekeringsmaatschappij Eigen Hulp, Bangunan yang memiliki umur amat tua ini dahulunya dipergunakan sebagai Perusahaan asuransi pada zaman Hindi belanda, namun saat ini gedung tersebut telah disulap menjadi gedung serbaguna yang salah satunya adalah sebagai cafe yang berada di lantai 3.

Selain sebagai cafe, olveh juga menawarkan pengunjungnya untuk berselancar ke masa lalu dengan ukiran,lukisan zaman dulu yang terpatri di setiap barisan dindingnya.


Selain itu kamu juga mencicipi 3 jenis minuman unik di sana yaitu  

1. Semasa Indonesian Tea, (Rp. 35.000)
Semasa Indonesia Tea merupakan balck tea asli indonesia yang dipadukan dengan rempah-rempah asli indonesia sehingga memiliki aroma kuat dan menyengat namun sangat bagus untuk kesehatan 

2. Ice Blue Grass (Rp 35 ribu) 
Teh ini hadir dengan  tampilan yang sangat cantik, memiliki warna biru cerah. Teh warna biru alami memang sedang jadi tren.
  
Sebenarnya warna birupada teh  ini tercipta dari teh bunga telang kering yang sudah diseduh. dicampur dengan  sebatang lemongrass alias sereh. Rasanya sangat segar dan sangat ringan., teh yang satu ini sangat pas untuk teman santai di siang hari.

3. Semasa Coffee (Rp 35 ribu)
minuman  ini merupakan menu andalan sekaligus merupakan salah satu signature drink dari kafe ini. 
Kopi house blendnya terdiri dari beberapa campuran kopi lokal yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Racikannya menggunakan jenis kopi arabika dan robusta.

Selain menu tersebut, saat kamu berkunjung ke cafe semasa di kota tua kamu juga bisa menikmati  deretan minuman lainnya seperti earl grey tea, japanese sencha,oolong tea, ice date tea, matcha latte,ice yuzu tea,  es kopi citrus dan lainnya.

Selain bisa nongkrong di cafe, kamu juga bisa melihat arsitektur yang bernilai tinggi yang penuh histori.

Informasi seputar kafe semasa tua


Alamat : Gedung Olveh. Jl. Jembatan Batu No. 50, Kota, Jakarta

Jam Buka :
Sen11h - 17h 30m
Sel11h - 17h 30m
Rab11h - 17h 30m
Kam11h - 17h 30m
Jum11h - 17h 30m
Sab11h - 17h 30m
Min11h - 17h 30m
Telpon : 0877 86225886
 


2. Cafe Batavia


Cafe batavia yang berlamat di Jl. Pintu Besar Utara 14, Kota | Fatahillah Square Opposite of Museum Fatahillah ini, merupakan salah satu kafe yang yang memiliki sejarah panjang, kafe ini dibangun secara bertahap sejak tahun 1805 hingga 1850, berarti memakan waktu kurang lebih 45 tahun, wow,,,, lama banget ya,,!!!


makanya tidak heran jika cafe ini termasuk dalam kategori bangunan tua di jakarta yang sampai saat ini masih berdiri dan bahkan dikunjungi oleh banyak muda - mudi.

Usut punya usut,  ternyata cafe batavia merupakan salah satu bangunan tua yang dilindungi lho oleh pemerintah Indonesia. Kereeenn.....

Eit,,, secara historis, sebelum jadi cafe seperti sekarang ini, ternyata dahulunya cafe ini merupakan kantor administrasi VOC. 

Bahkan pada tahun 1990 cafe ini pernah disulap menjadi sebuah gedung galeri seni hingga akhirnya pada tahun 1991 barulah bangunan ini berubah menjadi cafe sampai sekarang,, sungguh perjalanan yang sangat panjang untuk sebuah cafe batavia.

Biar kamu kepincut dengan cafe batavia, berikut saya share beberapa  pengalaman pengunjung yang saya dapatkan langsung dari situs https://www.tripadvisor.co.id 

"Cafe yang cocok untuk mengenang masa lalu "
Cafe yang terletak di komplek Museum Fatahillah dengan nuansa tempo dulu, sangat cocok untuk kencan dan nongkrong dengan teman dalam suasana yang sangat romantis

"A good deal of all Jakarta"
Went here with my wife and mother in law, had a great lunch in the beautiful downstairs restaurant, only to find there is also an upstairs so that will be for next time. Very much liked the Nasi Campur and service was attentive too

"Kafe nuansa Hommy di Tengah Kota"
Saya suka cafe batavia karena ambience nya yang seperti rumah.Harganya juga masih bersahabat dengan menu yang cukup bervariasi walau ga bisa dibilang murah juga.Selalu menyempatkan singgah kalo saya kebetulan lewat.


Demikian artikel 2 Cafe di Jakarta ini Ternyata dulunya Adalah Bangunan Tua yang diambil dari berbagai sumber.

Semoga menjadi referensi  yang menyenangkan buat wisata nongkrong kamu bareng teman.

Related Posts

2 Cafe di Jakarta ini Ternyata dulunya Adalah Bangunan Tua
4/ 5
Oleh