6 Manfaat Nutrisi SUSU KEDELAI Untuk Kesehatan JANTUNG ,TULANG dan KULIT

Susu merupakan minuman kental yang berwarna putih dan banyak mengandung protein serta kaya manfaat.

Pada dasarnya ada dua jenis susu yang biasa dikomsumsi oleh manusia , yaitu susu protein nabati dan susu protein hewani. 

Susu protein nabati merupakan susu yang sarinya berasal dari sari kacang,jenis susu ini antara lain susu kedelai dan susu almond.

Sementara susu hewani berasal dari susu sapi maupun susu kambing.Walaupun keduanya berasal dari suber yang berlainan,namun keduanya memiliki manfaat manfaat yang sama dan memiliki nutisi yang sangat tinggi.

manfaat-susu-kedelai-untuk-tulang-jantung-dan -kulit
manfaat susu kedelai
Pada umumnya masyarakat lebih banyak mengkomsumsi jenis susu kedelai daripada yang berjenis susu nabati,hal ini karena susu kedelai mudah didapatkan dan harganya juga cukup terjangkau bila dibandingkan dengan jenis susu nabati, walaupun jenis susu kedelai terbilang murah,namun manfaatnya sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh kita. 

Bahkan di dalam susu kedelai banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat buat tubuh kita,berikut beberapa nutrsi  yang terkandung di dalam susu kedelai antara lain adalah Vitamin A,Vitamin B1,Vitamin B2,Vitamin B12,Vitamin D,Vitamin E,Asam Amino,Asam Folat,Mineral,Antiosidan dan masih banyak yang lainnya.

Banyaknya kandungan nutrisi yang dimiliki oleh susu kedelai tersebut,maka sudah dipastikan susu kedelai sangat baik untuk kesehatan kita.Bagi anda yang ingin tahu seberapa pentingnya manfaat susu kedelai untuk kesehatan tubuh kita,berikut saya berikan untuk anda yang saya kutip dari sumber aslinya  dari mistercufflink.com.

Berikut  5 manfaat yang bisa anda dapatkan saat mengkomsumsi susu kedelai


1. MENCEGAH PENYAKIT KANKER

Penyakit kanker bisa terjadi karena adanya pertumbuhan hormone testosterone yang berlebih pada tubuh.Susu kedelai banyak mengandung Phytoestrogen yaitu sejenis hormone tanaman yang mampu menghambat pertumbuhan hormone testosterone pada tubuh pria.Dengan mengurangi kadar pertumbuhan hormone testosterone dalam tubuh akan mengurangi resiko kanker.

2. MAMPU MENCEGAH DIABETES MELLITUS

Penyakit Diabetes Mellitus merupakan sebuah penyakit yang diakibatkan karena adanya kekurangan hormon insulin yang mengakibatkan terjadinya kelainan metobolisme lemak,air,elektrolit,protein dan karbohidrat.Sementara di dalam susu kedelai terdapat kandungan asam amino yaitu glisin dan ariginin yang mampu menjaga keseimbangan hormone insulin dalam tubuh

3. MENGURANGI BERAT BADAN

Bagi anda yang saat ini punya niatan untuk menurunkan berat badan,meminum susu kedelai merupakan pilihan yang tepat. Susu kedeli sangat sedikit sekali mengandung kadar gula yakni Cuma sekaitar 7 gram.Pada Susu kedelai terdapat kandungan asam lemak tak jenuh yang dapat memperlambat pertumbuhan proses penyerapan di dalam usus sehingga mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

4. MEMBUAT KULIT TAMPAK LEBIH SEHAT

Dua kandungan nutrisi yang terdapat pada susu kedelai adalah Vitamin E dan antioksidan.Kedua kandungan tersebut memang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.
Antioksidan merupakan salah satu nutrisi yang mampu menjaga serangan radikal bebas yang penyebab terjadinya penyakit kanker kulit.Sementara Vitamin E berperan sebagi nutrisi kulit yang baik dan bisa membuat kulit tampak lebih halus,mengecangkan kulit dan membuat kulit tampak awet muda.

5. MENJAGA KESEHATAN TULANG

Susu kedelai ternyata mampu menjaga terjadinya osteoporosis,ini karena di dalam susu kedelai terdapat kandungan kalsium dan Vitamin D yang mampu menjaga struktur tulang dan kekuatan tulang.

6. MENJAGA KESEHATAN JANTUNG

Mengkomsumsi Susu kedelai tidak akan membuat kolesterol jahat anda meningkat hal ini karena susu kedelai sangat sedikit sekali mengandung minyak jenuh.Oleh karena itu,mengkomsumsi susu kedelai tidaka akan menyebabkan obesitas dan sangat baik untuk kesehatan jantung.
Bagi anda yang yang alergi terhadap susu protein hewani,mengkomsusmsi susu kedelai merupakan alternative pilihan yang tepat buat anda.Susu kedelai sangat baik untuk melengkapi diet anda dan ccok untuk vegetarian.Agar tidak bosen saat mengkomsumsinya,anda bisa memilih varian rasa seperti coklat,strowbery atau juga rasa jahe.

Namun perlu diingat,agar memperoleh manfaat yang maksimal seperti uraian di atas,sebaiknya susu kedelai di komsumsi dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan dan pastikan susu kedelai yang anda komsumsi merupakan susu kedelai asli yang tidak  bercampur dengan bahan – bahan kimia berbahaya.Tipsnya baca kmposisi yang ada label kemasan. Susu kedelai tidak dianjurkan untuk balita di bawah umur satu tahun,untuk balita cukup diberikan ASI,karena itu lebih sehat buat mereka.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »