BEGINILAH CARA MENCUCI TANGAN YANG BAIK DAN BENAR AGAR TETAP SEHAT


APA BENAR CUCI TANGAN ITU SEHAT : 

Cuci tangan bisa jadi adalah rutinitas kita sehari-hari  yang mungkin bagi sebagian banyak orang dianggap sebuah pekerjaan yang sepele, sehingga terkadang kita sering mengabaikan cara mencuci tangan yang baik dan benar begitu saja tanpa pertimbangan. Sering kita mengingatkan atau menyuruh  anggota keluarga untuk membiasakan mencuci tangan terutama kepada si kecil buah hati kita.

“Nak… Jika mau makan jangan lupa cuci tangan dulu ya!! 

Mungkin kira-kira begitulah sebuah perintah dari orang tua untuk mereka,karena terkadang mereka lupa jika tidak diperintah atau diingatkan terlebih dahulu Walaupun kebiasaan mencuci tangan adalah suatu pekerjaan yang ringan tapi ketahuilah bahwa ternyata cuci tangan mempunyai efek manfaat yang sangat besar karena penyakit yang berbahaya dapat dicegah melalui kegiatan mencuci tangan, apalagi jika semua itu dilakukan dengan metode mencici tangan dengan benar

cara-mencuci-tangan-yang-baik-dan-benar
mencuci  tangan 


SUMBER PENYAKIT
Mengapa kita harus mengajarkan mencuci tangan dengan cara yang baik dan benar??

Inilah sebuah pertanyaan yang mungkin kerap timbul di otak kita dan anak-anak.

Pada dasarnya tangan merupakan bagian dari anggota tubuh kita yang mempunyai tingkat “mobilitas” yang amat tinggi. Tapi yang lebih membuat tangan begitu istimewa adalah karena mempunyai frekuensi tinggi dalam bersentuhan dengan benda-benda atau barang disekitar tubuh.

Tangan merupakan salah satu penghantar utama masuknya berbagai kuman/mikroba yang bisa menyebabkan timbulnya berbagai  penyakit, sedangkan mulut dan hidung merupakan jembatan masuknya benda-benda, bakteri & virus ke dalam tubuh. Bakteri/mikroba tersebut bisa masuk melalui makanan dan minuman yang menempel di tangan kita.

Aktivitas dan rutinitas kita membuat  keadaan tangan kita tidak selalu dalam kondisi bersih/steril. misalnya, memegang hewan peliharaan ,memegang telepon, bersalaman,main di luar rumah, membersihkan selokan, menutup hidung atau mulut saat bersin/flu dengan tangan dan masih banyak lagi pekerjaan yang dilakukan oleh sepasang tangan kita. 


Celakanya, anak kecil amat suka memegang berbagai benda bahkan memasukkan tangan mereka ke dalam mulut mungilnya,hal ini karena pengetahuan dan kesadarannya masih kurang,oleh karena itu peranan kita sebagai orang tua untuk selalu mengajarkan cara mencuci tangan yang baik serta benar sebagaimana yang disarankan oleh depkes  amatlah penting untuk selalu mengingatkan buah hati kita agar senantiasa membiasakn bercuci tangan di akhir aktivitas bermainnya.

Berbagai macam penyakit yang bisa ditimbulkan oleh kuman/mikroba yang menempel ditangan antara lain adalah : virus influenza yang menyebabkan influenza/flu,virus H1N1 penyebab flu babi,virus H5N1 yang menyebabkan flu burung.Flu Babi maupun Flu Burung merupakan sebuah penyakit yang sangat berbahaya dan sangat mematikan.Selain itu ada juga meningitis, virus hepatitis yaitu virus penyebab penyakit hepatitis A, C (gangguan hati), penyakit kulit, gangguan usus dan diare. 


Penyakit Diare merupakan penyakit yang sering muncul karena kebiasaan cuci tangan yang jelek, terutama pada anak-anak yang menderita diare akut sering berujung pada kematian.

Perlu Anda ketahui bahwa jika tangan manusia menyentuh tinja, maka akan terkontaminasi dengan lebih dari 10 juta virus dan satu juta bakteri yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.


Nah,, jika sudah demikian,ayo jangan ragu untuk cuci tangan secara benar dan baik dengan menggunakan sabun, karena sangat besar manfaatnya demi menjaga kesehatan diri, keluarga dan bahkan nyawa si kecil.

WAKTU YANG TEPAT UNTUK MENCUCI TANGAN
  • Setelah melakukan aktifitas; memegang hewan peliharaan, mencari rumput, membersihkan selokan, memegang barang/benda-benda yang kotor, dll
  • Sebelum dan sesudah menyiapkan makanan/masakan. Ini dapat mengurangi risiko terkena atau menyebarkan bakteri yang menyebabkan makanan beracun. Cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah mengolah masakan dari jenis unggas, telur mentah, daging, atau seafood
  • Sebelum memegang si kecil
  • Sesudah mengganti popok/mencebok si kecil
  • Sebelum dan sesudah makan
  • Sesudah buang air kecil/besar

CARA TEPAT & CEPAT CUCI TANGAN
  • Cucilah tangan dengan menggunakan air yang mengalir (menggunakan keran air)
  • Gosok tangan dengan sabun sampai berbusa, bersihkan bagian pergelangan tangan, punggung tangan, sela-sela jari, dan kuku sampai benar-benar tampak bersih
  • Bilas dengan air sampai bersih
  • Keringkan dengan kain/lap yang bersih
Demikian cara memulai hidup sehat melalui cuci tangan.

Semoga bermanfaat dan jaga selalu kesehatan anda dan keluarga

Kata Bijak : Kesehatan adalah anugerah dan harta yang sangat mahal,oleh karena itu rawat dan jaga dia dengan baik

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »