3 Jenis Kopi Dari Kotoran Hewan Yang Memiliki Harga Mahal, Kopi Luwak Salah Satunya

Bagi para pecinta kopi, kopi yang nikmat tentu saja menjadi buruan dan sensasi sendiri

Selama ini kita hanya tahu jika Kopi nikmat yang biasa kita nikmati selama ini berasal dari biji kopi pilihan, namun apa jadinya ya jika kopi mahal di dunia justru malah berasal dari kotoran hewan? 

Sekilas terdengar sangat menjijikan, Eits,,,  bukanlah kotoran hewan tersebut yang diproses menjadi kopi melainkan buah dari pohon kopi yang dikonsumsi oleh seekor hewan.


Biji dari buah kopi yang dikonsumsi oleh hewan tersebut tidak dicerna secara keseluruhan sehingga keluar bersamaan dengan kotorannya, biji kopi tersebut masih utuh dan inilah yang menjadi cikal bakal kopi nikmat dan berharga mahal.

Lalu apa saja kopi mahal di dunia yang berasal dari hewan, berikut adalah "3 jenis kopi dari kotoran hewan yang memiliki harga mahal"

1. Kopi Luwak



Siapa yang tidak kenal dengan Kopi luwak, kopi ini  sudah dikenal sebagai kopi mahal sejak zaman kolonialMulai awal abad ke-18, Belanda membudidayakan tanaman kopi di Indonesia. 

Di era tanam paksa, Belanda melarang masyarakat Indonesia memetik kopi untuk konsumsi pribadi. 

Karena larangan ini, masyarakat memiliki ide untuk melepaskan musang luwak pemakan buah kopi. Kotoran musang luwak kemudian diambil, dicuci, dan disangrai hingga menghasilkan kopi aroma yang nikmat. 

Kebiasaan ini pun diketahui oleh Belanda dan saat mereka mencobanya, kopi luwak pun menjadi favorit para orang kaya Belanda kala itu. 

Yang sangat fantastis,  ternyata, hingga kini, kopi luwak masih merajai dunia kopi. 

Ternyata harganya bisa mencapai jutaan rupiah per kilonya

Tidak cuma orang Indonesia, banyak pula orang asing yang bertani kopi luwak. Kamu bisa mendapatkan kopi luwak di berbagai kedai kopi, supermarket, atau toko yang khusus menjual kopi.


2. Kopi Terra Nere


Untuk kopi jenis ini dapat kamu  bisa temui di department store ternama asal Inggris, Harrods. 

Kopi Terra Nera juga diproses melalui pencernaan musang jenis civet cat. 

Tiap tahunnya, kopi jenis ini hanya diproduksi sebanyak 45 kg saja. 

Namun, menurut para pakar kopi di dunia yang mencoba kopi jenis Terra Nera ini sedikit kecewa dengan rasa kopi yang dihasilkan. 

Dengan harga kisaran $225-$11.000 per paknya, rasanya tidak semahal harganya. 

Para pakar kopi yang mencobanya pun lebih tertarik dengan kopi yang lebih murah namun lebih memberikan rasa. 

3. Kopi Black Ivory 


Nama lain dari kopi ini adalah kopi gading hitam. Asal kopi ini  dari hasil pencernaan gajah Thailand dan hanya dijual di Thailand dan Maladewa. 

Blake Dinkin, adalah orang Kanada yang menemukan jenis kopi black ivory. 

Saat menyeruput kopi, tentu kamu merasakan rasa pahit. 

Rasa pahit ini berasal dari protein yang ada pada kopi. Nah, menurut penelitian, enzim yang ada di pencernaan gajah memecah protein pada kopi. Jadi, kopi black ivory tidak terasa pahit secara alami. Kalau kamu mau icip kopi jenis ini, siapkan bujet lebih ya. Soalnya harga kopi ini sekitar $50 hingga $1.100 per kilonya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »