Wednesday, May 9, 2018

Beginilah Cara Allah Mencintai Hamba-Nya | Artikel Islami

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pada kesempatan kali ini saya ingin mengshare sebuah renungan islami yang mungkin saja bisa bermanfaat buat saudara-saudariku semua

Artikel ini saya dapatkan dari group whatsapp yang dikirim oleh sahabat saya shofy (semoga Allah merahmati beliau)

yuk langsung aja Ke TKP aja dan silahkan disimak 

Inilah yang patut dipahami setiap muslimin dan muslimat beriman karena bisa saja ini adalah ciri Allah mencintai hamba-Nya, maka tidak ada salahnya jika kita meluangkan waktu meski hanya sejenak untuk membaca beberapa point renungan islami di bawah ini agar disayamg oleh Allah SWT.

  • Ketika Cobaan datang bertubi-tubi maka percayalah bahwa sesungguhnya cobaan terkadang dapat meninggikan derajat seorang muslim di sisi Allah dan bisa jadi ini adalah sebagai ciri bahwa Allah semakin mencintai hamba-Nya
     
  • Sesungguhnya  semakin tinggi kualitas iman seorang muslim, maka akan semakin berat pula ujian yang akan ditanggungnya. ini bukan berarti Allah SWT. membenci orang mukmin  yang memiliki keimanan tinggi, justru ini adalah ungkapan tanda bahwa Allah SWT. Rindu kepada hamba-Nya tersebut
     
  • Setiap ujian terberat ini akan dibalas oleh Allah SWT. dengan pahala yang sangat luar bisa besarnya. karena kewajiban kita yang sebenarnya dalam menghadapi ujian itu adalah dengan cara bersabar.


beginilah-cara-allah-mencintai-hambanya
Artikel Islami


Hal ini tentu saja sejalan dengan firman Allah SWT dalam Al-qur'an pada Surat Al-Baqarah Ayat 155

"Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepada kalian dengan sedikit rasa ketakutan, kelaparan, kekurangan harta dan jiwa serta buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar" (Al-Baqarah :155)




🌞 Sabar ini merupakan tanda keimanan dan kesempurnaan tauhidnya seorang muslim.

■ Dari Anas bin Malik, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Jika Allah menginginkan kebaikan pada hamba-Nya, Maka Dia akan segerakan hukumannya di dunia. Jika Allah menghendaki kejelekan padanya, Dia akan mengakhirkan balasan atas dosa yang ia perbuat hingga akan ditunaikan pada hari kiamat kelak.”
(HR. At-Tirmidzi).

■ selain itu ada Juga  hadits dari Anas bin Malik, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya pahala besar karena balasan untuk ujian yang berat. Sungguh, jika Allah mencintai suatu kaum, maka Dia akan menimpakan ujian untuk mereka. Barangsiapa yang ridho, maka ia yang akan meraih ridho Allah. Barangsiapa siapa yang tidak suka, maka Allah pun akan murka.”
(HR. Ibnu Majah).

dari untaian hadis tersebut di atas, kurang lebih inilah faedah dari dua hadits tersebut :

  • Musibah yang berat (dari segi kualitas dan kuantitas) akan mendapat balasan pahala yang besar pula dari sisi Allah, oleh karena itu kesabaran menjadi modal utama untuk mendapatkan kasih sayang Allah karena sesungguhnya Allah Maha Mengetahui yang terbaik untuk hamba-Nya.
  • Tanda Allah cinta, Allah akan menguji hamba-Nya. Dan Allah yang lebih mengetahui keadaan hamba-Nya.

>> Kata Lukman seorang sholih pada anaknya,

“Wahai anakku, ketahuilah bahwa sesungguhnya emas dan perak akan diuji keampuhannya dengan api sedangkan seorang mukmin dan mukminat akan diuji dengan ditimpakan musibah. kepadanya”

  • Siapa yang ridho dengan ketetapan Allah, maka ia akan meraih ridhonya Allah dengan mendapat pahala yang sangat besar.
  • Barang siapa yang tidak suka dengan yang Allah tetapkan, maka ia akan mendapat siksa yang amat pedih.
  • Cobaan dan musibah dinilai sebagai ujian bagi wali Allah yang beriman.
  • Jika Allah menginginkan kebaikan pada hamba, Dia akan segerakan hukumannya di dunia dengan diberikan musibah yang ia tidak suka, sehingga ia keluar dari dunia dalam keadaan bersih dari dosa.

Demikian artikel islami seputar cara Allah dalam membuktikan rasa Cinta-Nya kepada seorang hamba. Semoga bermanfaat dan menjadi mutiara hikmah.

Untuk saudariku Shofy saya ucapkan terima kasih Jazakumullah Khairon Katsiro....

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Disqus Comments