Indonesia Unik : 4 Keunikan Indonesia Yang Membuat Dunia Iri

Indonesia merupakan negara besar yang penuh dengan keunikan, penduduknya yang ramah dan budayanya yang melimpah membuat Indonesia dikenal dunia. Maka sudah sepatutnya kita bangga menjadi warga negara indonesia.

Sebagai putra Indonesia, tentu kita harus tahu lebih banyak tentang budaya dan keunikan yang dimiliki bangsa ini, tentu saja hal ini dimaksudkan supaya rasa cinta kita terhadap bangsa ini bukan cuma slogan dan ucapan semata.



Berikut adalah beberapa keunikan yang dimiliki bangsa Indonesia, dan yang lebih uniknya lagi hal ini tidak dimiliki oleh bangsa-bangsa lain di dunia bahkan membuat mereka menjadi iri.

1. Negara Dengan Kepulauan Terbesar di Dunia

Indonesia merupakan negara dengan kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah total pulau mencapai 17.508 pulau. Terdiri dari 5 kepulauan besar dan 30 kelompok kepulauan kecil. Termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni. Di dalamnya ada 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu : Kalimantan sebagai pulau terbesar ketiga di dunia dengan luas 539.460 km², Sumatera  luasnya 473.606 km² dan Papua yang luasnya 421.981 km².

2. Memiliki Suku Bangsa Terbanyak di Dunia

Selain Pulau yang besar , Indonesia merupakan negara satu-satunya yang  memiliki suku bangsa terbanyak di dunia.

Terdapat lebih dari 740 suku bangsa atau etnis, bahkan di Papua saja terdapat kurang lebih 270 suku. Dengan jumlah suku sebanyak itu menjadikan Indonesia memiliki bahasa daerah terbanyak, yaitu 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan .

Meskipun  memiliki banyak bahasa daerah namun Indonesia bahasa yang mampu menyatukannya tanpa menghilangkan tutur bahasa daerahnya Yakni BAHASA INDONESIA.

3. Negara Muslim Terbesar di Dunia 

 Jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia sekitar kurang 216 juta jiwa atau 88% dari penduduknya Sehingga hal ini menjadikan Indoensia sebagai negara yang memiliki jumlah masjid terbanyak serta negara penyumbang jamaah haji terbesar di dunia. Subhanallah,,,,,

4. Memiliki Budaya Mudik

Sebagai negara yang mayoritas beragama Islam,Indonesia merupakan negara satu-satunya yang memiliki budaya mudik atau pulang kampung.

keunikan-budaya-indonesia
Peristiwa ini kerap terjadi pada hari Lebaran Idul Fitri setiap tahun, hal ini terjadi karena banyak dari warga negara indonesia yang menjadi tenaga kerja di berbagai daerah maupun di antar negara.


Dan yang uniknya lagi, saat ritual mudik terjadi, banyak dari berbagai perusahaan di Indonesia yang meebrikan fasilitas Mudik G
ratis

Demikian artikel singkat ini saya buat dan saya rangkum dari berbagai sumber, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan buat kita sehingga mampu menambah kecintaan kita terhadap bangsa Indonesia.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »