4 Komik Ikonik Karya Stan Lee Marvel yang Menjadi Warisan

Stan Lee meninggal dunia di usia 95 tahun. Sepanjang kariernya sebagai komikus, dia dikenal sebagai pencipta beragam karakter-karakter superhero Marvel.

Berikut ini 4 komik ikonik Terkenal yang ditulis oleh Stan Lee Marvel 

1. Komik Spider-Man


4 Komik Ikonik Karya Stan Lee
4 Komik Ikonik Karya Stan Lee


Jack Kirby dan Stan Lee  telah mencoba mendesain superhero yang bertemakan laba-laba. akan tetapi  Stan Lee justru malah beralih ke Steve Ditko. Karakter Spider-Man pertama kalinya muncul dalam sosok manusia dengan  topeng merah, seorang kutu buku tapi juga seorang pemberani yang cerdik. 

Sean Howe, seorang jurnalis  dalam 'Marvel Comics: The Untold Story' menuliskan sentuhan seorang Stan Lee yang sangat cemerlang adalah membuat seorang seperti Peter Parker memberikan parade tanpa henti, lelucon-lelucon klise ketika parker mengenakan kostum Spider-Man. "Ini adalah sebuah manifestasi meyakinkan dari pemikiran gugup yang obsesif, yaa, tetapi lebih penting pencerah suasana hati yang efektif," tulisnya. 

Namun baru pada  'Amazing Fantasy #15', Stan Lee menemukan formula yang pas bagi Spider-Man. 


2.  Komik Fantastic Four


4 Komik Ikonik Karya Stan Lee
4 Komik Ikonik Karya Stan Lee


Pra adanya Marvel, seorang penerbit Martin Goodman bermain golf di tahun 1961 dengan eksekutif DC Comics. Dia menceritakan membuat komik laris 'Justictice League of America'. Sepulang dari bermain golf, Goodman kembali ke kantor dan meminta Stan Lee untuk membuat tim superhero.

Stan Lee dan Jack Kirby telah bekerja sama dan menciptakan 'Captain America'. Setelahnya mereka membuat 'Fantastic Four' dan mengembangkan 'metode Marvel' sebagai proses kreatif. 


Stan Lee menuliskan sebagian besar plot sementara Kirby menggambarkannya, hingga mereka pecah kongsi. 

Di 'Fantastic Four', lebih dari 100 edisi telah dituliskan. Tidak  seperti 'Justice League', 'Fantastic Four' formatnya adalah keluarga yang  lengkap dengan suasana kegelisahan, pertengkaran, dan keraguan yang ada dalam karakter-karakter Marvel. 

Di komik 'Fantastic Four Annual #3' tahun 1965, 
Sue Storm dan Reed Richards menikah. Kala itu, Stan Lee dan Kirby pun sempat menjadi cameo di halaman komiknya namun disepak keluar ketika tak memiliki undangan. 

3. Komik Iron Man


4 Komik Ikonik Karya Stan Lee
4 Komik Ikonik Karya Stan Lee


Pada  komik 'Tales of Suspense', Stan Lee telah memunculkan sebbuah karakter baru yang bernama 'Iron Man'. Dalam covernya disebutkan sinopsis Iron Man, "Siapa? Atau apa, siapa yang terbaru, dan merupakan seorang superhero yang sangat sensasional. Dia hidup, berjalan, dan mengalahkan siapapun yang ada di sekelilingnya."

"Saat saya menuliskan naskah untuk komik 'Iron Man', saya benar-benar merasa sangat sombong dan sedikit malu kepada diri saya sendiri. Saya datang dengan karakter yang mewakili semua orang yang dibenci dan mendorongnya ke tenggorokan mereka. Saya datang dengan karakter pria muda yang membuat persenjataan dan juga seorang jutawan. Saya ingin dia sangat kaya namun tetap memiliki satu buah kelemahan," kata Stan Lee. 


4. Komik X-Men



4 Komik Ikonik Karya Stan Lee
4 Komik Ikonik Karya Stan Lee

Selain komik 'Fantastic Four', 'Spider-Man', 'Hulk', dan 'Thor', Stan Lee muncul dengan istilah baru yakni 'Mutan'. Karakter ini benar-benar lahir dengan sebuah kekuatan mereka tapi tidak diperlukan bom radioaktif atau laba-laba. Karakter ini mirip seperti dengan manusia normal. 

"Karakter-karakter dalam komik ini lahir dengan kekuatan mereka. Sebagai hasil dari memiliki kekuatan alami kecuali satu ciri yang membedakan mereka," ujar Stan Lee waktu itu. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »