Tuesday, June 12, 2018

Tips Mudik Gratis Lebaran 2018 Supaya Selamat Sampai Tujuan

Mudik lebaran merupakan salah satu tradisi yang mungkin hanya ada di Negara Indonesia tercinta karena budaya ini belum tentu bisa kita jumpai di negara-negara lainnya.

Demi melanggengkan acara tahunan ini tidak sedikit dari perusahaan yang mengadakan program mudik gratis bagi seluruh para karyawannya.

Misalnya Saja PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) yang sudah memberikan program mudik gratis tahun 2018 kepada 920 orang dengan rute tujuan Padang, Pekanbaru, Medan, Gunung Tua dan Padang Sidempuan yang berlaku bukan cuma untuk karyawannya saja melainkan dibuka untuk umum.

Selain PTPN, ada juga program mudik gratis dari PT Angkasa Pura II (AP II) menyediakan 2.000 kursi gratis untuk mudik Lebaran 2018. Para pemudik akan diberangkatkan pada tanggal 8 Juni 2018 dengan menggunakan bus.

Sebagaimna dilansir dari situs tirto id bagi para pemudik yang telah mendaftar program ini, PT Angkasa Pura II meminta pemudik untuk melakukan check in. Caranya, seperti yang tertera pada situs web resmi AP II, adalah sebagai berikut:

  1. Pemudik yang akan melakukan check in diminta untuk menghubungi AP II di nomor 087780522809 atau 5505078.
  2. Pemudik yang telah terdaftar akan diberi nomor bus dan nomor kursi melalui SMS.
  3. Seluruh bus akan diberangkatkan dari Bandara Soekarno-Hatta, namun bagi peserta yang berdomisili di wilayah Jakarta akan disediakan bus jemputan dari Bandara Halim Perdanakusuma.
  4. Peserta dapat memilih lokasi keberangkatan di: Kantor PT Angkasa Pura II (depan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta) pukul 14.00 WIB dan parkir mobil Bandara Halim Perdanakusuma pukul 12.00 WIB (salat Jumat bersama di Bandara Halim kemudian langsung berangkat menuju Bandara Soekarno-Hatta).

tips-mudik-gratis-lebaran-2018

Bagi pemudik yang tidak melakukan check in, paling lambat 2 minggu setelah pendaftaran disetujui, maka pemudik akan dianggap batal ikut mudik gratis.

Bagi Anda yang mengikuti program mudik gratis di tahun 2018 ini, ada baiknya membaca tips dibawah ini supaya perjalanan anda dan keluarga menyenangkan dan selamat sampai tujuan.

1. Jangan memakai pakaian atau perhiasan yang terlalu vulgar dan mencolok

Bagi anda yang mungkin suka memakai pakaian mewah ataupun vulgar serta sering menggunakan perhiasan, ada baiknya semua itu anda hindakan dahulu saat anda melakukan mudik supaya tidak mengundangan sikap kriminal dari orang lain yang hanya akan membuat keselamatan dan kenyaman mudik anda jadi terganggu.

2. Pastikan Tubuh Anda dalam Keadaan Sehat

Sebelum anda melakukan mudik lebaran 2018 baik dengan program mudik gratis ataupun bukan, maka ada baiknya untuk terus menjaga kondisi kesehatan anda.

Istirahat yang cukup dan makan yang bergizi sebelum berangkat mudik. Kalo perlu bawa obat dan makanan ringan untuk asupan gizi selama dalam perjalanan.

Selain itu, usahakan untuk meminum air putih dalam porsi yang lumayan banyak untuk menghindari dehidrasi saat dalam perjalanan panjang atau saat berdesak-desakan dengan para pemudik lainnya.

3. Selalu Fokus dan Waspada

Bagi anda yang membawa barang banyak, maka sebaiknya tetap untuk waspada, karena dalam desakan dan krumunan para pemudik merupakan salah satu cara mudah bagi orang - orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan aksi kriminal.

Jika Anda membawa Anak - anak, usahakan mereka agar tidak berada jauh di sisi anda dan jangan lepaskan pegangan anda dari tangan anak anda. Usahakan mereka selalu dalam pengawasan anda.

Demikian tips mudik gratis 2018 yang bisa saya share, Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu waspada.

Bagi anda yang mudik di tahun 2018 ini, saya ucapakan selamat jalan dan semoga sampai ke tempat tujuan dalam keadaan selamat dan tanpa kekurangan satu apapun.

"Minal Aidin Wal Faidzin"
Disqus Comments