Saturday, October 28, 2017

3 keistimewaan masjid Raya Al- A'zhom Tangerang


Halo para pengunjung setia blog Papahkepo.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sebuah informasi tentang keunikan dan keistimewaan yang terdapat pada Masjid Al-A’zhom Kota Tangerang.Tentu saja informasi ini saya dapat dari berbagai sumber yang kemudian saya sajikan kembali dengan sebuah tulisan yang berbeda agar mudah dipahami dan asyik dibaca tentunya hehehe…..(dijamin 99% bukan duplikat).
Artikel kali ini saya beri judul ;

MENGINTIP KEUNIKAN DAN KEISTIMEWAAN 
MASJID RAYA AL-A’ZHOM KOTA TANGERANG

keunikan-masjid-al-a'zhom-tangerang
masjid al-a'zhom tangerang


Bicara soal masjid berarti kita sedang bicara ke arah yang nyerempet-nyerempet soal agama,sudah pastilah..!!! kan masjid memang tempat ibadah suatu agama.
Sekilas Tentang fungsi masjid

Secara umum masjid bisa diartikan sebagai tempat ibadah umat islam atau bisa juga diartikan sebagai tempat bagi umat islam untuk melakukan rutinitas kewajibanya (shalat) terhadap Allah swt. Walaupun pada realitanya fungsi masjid saat ini sudah bergeser kepada arah yang lebih luas lagi.

Kemajuan dalam bidang Pengetahuan agama telah menjadikan fungsi masjid bukan Cuma sekedar untuk melakukan shalat lima waktu semata,akan tetapi masjid sudah bisa digunakan sebagai tempat ibadah-ibadah sunnah lainnya seperti dak’wah,pengajian,bahkan tempat ijab qabul bagi para pengantin yang akhir-akhir ini memang sangat popular diadakan disebuah masjid.Semoga saja fenomena tersebut tidak menjadikan fungsi masjid yang sesungguhnya menjadi kabur.

Menggunakan masjid sebagai media dakwah dan pendidikan sebenarnya sah-sah saja,karena fungsi masjid yang sesungguhnya memanglah sangat luas dan bisa diartikan sebagi media dakwah syiar Islam, sebenarnya hal seperti ini sudah terjadi ketika pada zaman khulafarusidin yakni pada masa pemerintahan Utsman Bin Affan yang menjadikan masjid bukan Cuma sebagai tempat untuk melakukan shalat namun juga sebagai lembaga dakwah,pendidikan dan tempat musyawarah bagi umat Islam kala itu.

Pembagunan Masjid Raya Al’Azhom Kota Tangerang

Menurut sebuah tulisan yang terdapat pada sebuah monument yang terletak di halaman masjid,bahwa Masjid Raya Al-A’zhom dibangun pada tahun 2007 dan diresmikan pada Tanggal 23 April 2013.Masjid ini dibangun di area tanah seluas 2.225 hektar dengan luas bangunannya mencapai  5.775 m2 dan mampu menampung jamaah sebanyak 15.000 orang. Konon masjid ini dibangun dengan biaya yang cukup lumayan besar yakni sekitar Rp. 28,3 milyar,wowww… angka yang cukup fantastis, dan saya rasa ini setara dengan  tampilan dan arsitekturnya yang amat mewah dan megah.

Sedangkan untuk mendapatkan sebuah hasil karya yang cukup bagus,maka rancangan desaign Masjid Raya Al-A’zhom dipercayakan kepada seorang Guru besar Jurusan Arsitektur ITB yaitu Ir. Slamet Wirasonjaya.

Keunikan Masjid Raya Al-A’zhom Masjid Raya Al-A’zhom memang pantas untuk dijadikan kebanggaan warga Kota Tangerang,pasalnya masjid yang megah dan indah ini memiliki beberapa keunikan yang tidak banyak dimiliki oleh masjid-masjid lain di Indonesia.Adapun beberapa keunikan tersebut antara lain :

  
      Memiliki lima buah Kubah

Dengan desaign yang unik dan apik,masjid ini dibentuk dengan gaya arsitektur yang sangat mengesankan.Tidak tanggung-tanggung lima buah kubah tertancap dan tersusun rapih di atasnya.Kubah dengan kombinasi warna biru ini sangat tampak jelas dari kejauhan seolah menjadi identitas asli dari masjid ini.Tanpa melebih-lebihkan sebuah makna dari kubah  tersebut maka saya mengambil kesimpulan bahwa lima buah kubah ini jelas memiliki makna yang amat kental dengan filosofi Islam yakni melambangkan Shalat Lima waktu atau juga sebagai lambang dari Rukun Islam yakni shadat,Shalat,Puasa,Zakat dan pergi Haji (jika mampu). Wallahu ‘alam




     Kubah Utama Tanpa Tiang

Jika anda memasuki masjid ini,maka anda akan dibuat sedikit tercengang dan berdecak kagum,bagimana tidak,Kubah besar utama dimasjid ini bisa menempel kokoh tanpa tiang penyangga di tengahnya,tidak adanya sebuah tiang atau pilar penyangga inilah yang  menambah sebuah seni akan keapikan seorang arsitektur  dalam mengkemas sebuah desaign ruangan atau aula utama masjid raya ini sehingga bisa menambah kesan lebih luas.Selain itu anda juga bisa menyaksikan sebuah seni kaligrafi yang melekat indah di sekiling bagian dalam kubah tersebut.Dengan gaya tulisan khot kaligrafi yang indah serta perpaduan warna emas membuat kubah ini tampak megah dan elegant.



Bedug Terbesar di Indonesia

Masjid yang posisinya berdampingan dengan Gedung Pusat Pemeritahan Kota Tangerang ini ternyata memiliki sebuah bedug yang cukup besar,kabarnya bedug tersebut nerupakan bedug yang terbesar di Indoesia.Pada  dinding lingkaran bedug tersebut terdapat sebuah tulisan kaligrafi yang sangat indah,tentu saja ini merupakan hasil karya dari sentuhan tangan seniman yang berkelas.


Demikianlah beberapa keunikan yang terdapat pada masjid Raya Al-a;zhom Kota Tangerang yang bisa saya gambarkan,masih banyak keunikan-keunikan masjid yang bisa kita temui di Kota Tangerang ini misalnya saja keunikan Masjid Pintu seribu yang sudah terkenal di berbagai manca Negara.

Semoga bermafaat dan menjadi sebuah inspirasi dalam berkarya dan tentunya semoga menambah keimanan kita akan sebuah kebesaran dan keagungan Allah sang Maha pencipta.Karena sebesar dan sehebat apapun sebuah karya manusia,tetap tidak akan sebanding dengan karya Allah sebagai pencipta Alam semesta.

Disqus Comments