Mengungkap Keistimewaan DI Balik Malam Lailatul Qadar

Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan maghfiroh yang tentunya menjadi dambaan setiap muslim yang beriman.

Di bulan ramadhan semua perbuatan baik akan diberi pahala yang berlipat ganda,maka tidak heran jika banyak dari kaum muslimin yang menjadikan ramadhan sebagai moment terbaik menumpuk amal kebaikan guna menuju ampunan dan surganya Allah.
keistimewaan-dan- keutamaan malam-lailatul-qadar
lailatul qadar
Bukan rahasia lagi,ternyata pada bulan ramadhan terdapat suatu malam yang amat istimewa.

Malam yang selalu diburu dan menjadi dambaan setiap umat islam untuk mendapatinya, Ya,, Malam Lailatul Qadar. Sebuah malam yang dipenuhi keagungan,keberkahan,ampunan dan banyak sekali rahasia-rahasia ilahiyah yang terdapat di dalamnya.
Lailatul Qadar yang dalam bahasa arab berarti bermakna Malam Ketetapan adalah salah satu malam penting yang bisa terjadi pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan, di salah satu ayat dalam Al-qur'an, malam Lailatul Qadar merupakan sebuah malam yang lebih baik daripada seribu bulan.Maksudnya adalah "orang yang mendapati malam lailatul qadar maka dia akan mendapatkan pahala sebagaimana mengerjakan amal sholeh selama seribu bulan atau sekitar 83 tahun lamanya" subhanallah.... Semoga Allah mempertemukan kita dengan Malam Lailatul Qadar.
berbahagialah orang yang mendapati Malam Lailatul Qadar, karena dia akan mendapatkan ampunan,keberkahan dari sisi Allah SWT. serta semua do'anya akan terkabul.
Berikut adalah keistimewaan yang terdapat pada Malam Lailatul Qadar yang semoga saja menambah ilmu pengetahuan kita

  • Malam diturunkannya Al-Qur'an (Nuzulul Qur'an
Hal ini sesuai dengan firman Allah SWt dalam Al-Qur'an pada surat Al-Qadar
“Sesungguhnya Kami menurunkan Alquran pada malam Lailatul Qadar, tahukah engkau apakah malam Lailatul Qadar itu? Malam Lailatul Qadar itu lebih baik dari seribu bulan, Pada malam itu turunlah malaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Rabb mereka (untuk membawa) segala urusan, Selamatlah malam itu hingga terbit fajar”.(QS.Al-Qadar:1-5)

  • Malam Yang diberkahi
“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” (QS. Ad-Dukhon : 3)
  • Malam Pengampunan
Hal ini sebagaimana dikutip dari sebuah hadits yang dsampaikan oleh sahabat Nabi, yakni Abu Hurairah, dari Nabi SAW, bersabda, "Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 1901)

Demikian keistimewaan dan keutamaan yang terdapat pada lailatul qadar, semoga Allah SWT memberikan kita kesempatan untuk menjumpainya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »